AKU
AMBISI, KENYATAAN, dan USAHA
AMBISI, KENYATAAN, dan USAHA
Pada akhir tahun 2017, Institut teknologi Kalimnatan telah melaksanakan
program pelatihan kepada mahasiswanya yang ditujukan agar mahasiswa mampu
menentukan impian dan mengira akan mengenai kemungkinan tercapainya suatu
Impian. Latihan ini dikenal dengan sebutan Latihan Keterampilan Manajemen
Mahasiswa atau disingkat LKMM. Materi tersebut dikenal dengan AKU, yakni ambisi,
kenyataan, dan usaha. Ambisi bearti tekan/keinginan mendapatkan sesuatu ayng
dapat memberikan kenikmatan bagi manusia, terutama diri sendiri. Kenyataan adalah
keadaan sebenarnya yang sedang terjadi pada lingkungan sekitar indivvidu. Dan usaha
merupakan kegiatan atau upaya yang mengerahkan pikiran dan tenaga untuk
menggapai ambisi tersebut.
Untuk ambisi, kenyataan dan usaha yang akan saya capai dalam waktu
perkuliahan selama 4 tahun adalah sebagai berikut:
AMBISI
1. Memperoleh Indeks Prestasi komulatif sebesar 3.94.
2. Menjadi Menteri di KM ITK.
3. Mampu menjuarai berbagai kompetisi ilmiah sebanyak 10 kali.
4. Mendapat gelar mahasiswa berprestasi.
KENYATAAN
1. Indeks prestasi pada semester 1 hanyalah 3.74.
2. Kemampuan memanajemen organisasi dengan baik.
3. Tidak aktif dalam kehidupan kampus.
4. Semangat belajar yang rendah.
5. Tidak menyukai program studi sama sekali.
6. Selalu merasa benci dengan program studi yang sedang dijalani.
7. Mampu memahami materi perkuliahan dengan baik.
USAHA
1. Berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di kampus.
2. Berusaha untuk melanjutkan kehidupan beorganisasi.
3. Memperbanyak wawasan mengenai program studi agar rasa benci berubah
menjadi cinta.
4. Perbanyak mencari informasi melalui rekan-rekan yang memiliki minat dalam
kompetisi ilmiah dan program studi.
5. Belajar menguasai program studi secara Otodidak.
program pelatihan kepada mahasiswanya yang ditujukan agar mahasiswa mampu
menentukan impian dan mengira akan mengenai kemungkinan tercapainya suatu
Impian. Latihan ini dikenal dengan sebutan Latihan Keterampilan Manajemen
Mahasiswa atau disingkat LKMM. Materi tersebut dikenal dengan AKU, yakni ambisi,
kenyataan, dan usaha. Ambisi bearti tekan/keinginan mendapatkan sesuatu ayng
dapat memberikan kenikmatan bagi manusia, terutama diri sendiri. Kenyataan adalah
keadaan sebenarnya yang sedang terjadi pada lingkungan sekitar indivvidu. Dan usaha
merupakan kegiatan atau upaya yang mengerahkan pikiran dan tenaga untuk
menggapai ambisi tersebut.
Untuk ambisi, kenyataan dan usaha yang akan saya capai dalam waktu
perkuliahan selama 4 tahun adalah sebagai berikut:
AMBISI
1. Memperoleh Indeks Prestasi komulatif sebesar 3.94.
2. Menjadi Menteri di KM ITK.
3. Mampu menjuarai berbagai kompetisi ilmiah sebanyak 10 kali.
4. Mendapat gelar mahasiswa berprestasi.
KENYATAAN
1. Indeks prestasi pada semester 1 hanyalah 3.74.
2. Kemampuan memanajemen organisasi dengan baik.
3. Tidak aktif dalam kehidupan kampus.
4. Semangat belajar yang rendah.
5. Tidak menyukai program studi sama sekali.
6. Selalu merasa benci dengan program studi yang sedang dijalani.
7. Mampu memahami materi perkuliahan dengan baik.
USAHA
1. Berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di kampus.
2. Berusaha untuk melanjutkan kehidupan beorganisasi.
3. Memperbanyak wawasan mengenai program studi agar rasa benci berubah
menjadi cinta.
4. Perbanyak mencari informasi melalui rekan-rekan yang memiliki minat dalam
kompetisi ilmiah dan program studi.
5. Belajar menguasai program studi secara Otodidak.
SRK
SASARAN, RISIKO, dan KONSEKUENSI
SASARAN, RISIKO, dan KONSEKUENSI
SRK adalah salah satu materi yang dsampaikan dalam LKMM. Adapun SRK
adalah siingkatan dari Sasaran, Risiko dan Konsekuensi. Sasaran sendiri adalah suatu
keinginan yang dapat dicapai dalam perencanaan yang matang yang akan diperoleh
dalam suatu indvidu maupun perkelompok. Risiko sendiri adalah akibat yang tidak
menyenangkan yang timbul dalam suatu tindakan atau perbuatan. Konsekuensi sendiri
adalah hasil yang didapatkan dari suatu risiko setelah melakukan sesuatu. Dalam
artikel ini, akan terbagi mennjadi 4 SRK, yakni SRK yang akan diwujudkan dalam setiap
tahun dalam perkuliahan.
TAHUN PERTAMA
Sasaran
1. Mendapatkan IPS sebesar 4.
2. Memahami dan menyukai program studi yang ditekuni.
3. Membentuk kabinet dalam program studi.
4. Memperoleh nilai A dalam semua mata kuliah.
5. Terkenal sebagai mahasiswa yang humoris.
6. Menjadi Master of Ceremony dalam suatu acara kebanggaan kampus.
Risiko
1. Belajar sekeras dan sekuat.
2. Meninggalkan aktivitas yang non-produktiv
3. Cerdas dalam membagi waktu dan memanajemen diri,.
4. Waktu istirahat kurang.
5. Harus mampu menjual dan mempromosikan diri kepada seluruh civitas
akademisi kampus tanpa malu.
Konsekuensi
1. Memperoleh kemampuan dan skill yang semakin membaik, seperti
kerja sama team.
2. Meningkatnya mutu dan kualitas berfikir.
3. Bertambahanya jaringan kepada civiats akademisi di kampus.
TAHUN KEDUA
Sasaran
1. Memperoleh Beasiswa PPA, Pemerintah Kota Balikpapan, atau Kaltim
Cemerlang.
2. Aktif dalam lembaga dakwah dan menerapkannya didalam kehidupan
kampus.
3. Menjadi salah satu staff di kementrian KM ITK.
4. Meloloskan 2 proposal PIMNAS.
adalah siingkatan dari Sasaran, Risiko dan Konsekuensi. Sasaran sendiri adalah suatu
keinginan yang dapat dicapai dalam perencanaan yang matang yang akan diperoleh
dalam suatu indvidu maupun perkelompok. Risiko sendiri adalah akibat yang tidak
menyenangkan yang timbul dalam suatu tindakan atau perbuatan. Konsekuensi sendiri
adalah hasil yang didapatkan dari suatu risiko setelah melakukan sesuatu. Dalam
artikel ini, akan terbagi mennjadi 4 SRK, yakni SRK yang akan diwujudkan dalam setiap
tahun dalam perkuliahan.
TAHUN PERTAMA
Sasaran
1. Mendapatkan IPS sebesar 4.
2. Memahami dan menyukai program studi yang ditekuni.
3. Membentuk kabinet dalam program studi.
4. Memperoleh nilai A dalam semua mata kuliah.
5. Terkenal sebagai mahasiswa yang humoris.
6. Menjadi Master of Ceremony dalam suatu acara kebanggaan kampus.
Risiko
1. Belajar sekeras dan sekuat.
2. Meninggalkan aktivitas yang non-produktiv
3. Cerdas dalam membagi waktu dan memanajemen diri,.
4. Waktu istirahat kurang.
5. Harus mampu menjual dan mempromosikan diri kepada seluruh civitas
akademisi kampus tanpa malu.
Konsekuensi
1. Memperoleh kemampuan dan skill yang semakin membaik, seperti
kerja sama team.
2. Meningkatnya mutu dan kualitas berfikir.
3. Bertambahanya jaringan kepada civiats akademisi di kampus.
TAHUN KEDUA
Sasaran
1. Memperoleh Beasiswa PPA, Pemerintah Kota Balikpapan, atau Kaltim
Cemerlang.
2. Aktif dalam lembaga dakwah dan menerapkannya didalam kehidupan
kampus.
3. Menjadi salah satu staff di kementrian KM ITK.
4. Meloloskan 2 proposal PIMNAS.
5. Memperoleh kepercayaan agar mampu menghandle suatu acara
kebanggaan kampus.
Risiko
1. Memahami dan memelajari serta menyelesaikan segala isu yang dirasa
mampus untuk diselesaikan dalam kerjasama tim yang ada dalam
kehidupan kampus.
2. Berusahan senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas pribadi
dalam akademik.
3. Semakin harus mempelajari dan mendalami ilmu dakwah serta ilmu
agama.
Konsekuensi
1. Dapat meringankan beban orang tua karena telah memperoleh
beasiswa.
2. Mampu menjadi kepribadian yang memiliki jiwa pemimpin.
3. Menjadi kepribadian yang terlihat baik di seluruh pandangan
masyarakat.
4. Jika saya semakin sukses, maka akan banyak yang berusaha
menjatuhkan saya.
TAHUN KETIGA
Sasaran
1. Menjabat sebagai salah satu menteri di KM ITK.
2. Dapat melanjutkan seluruh program beasiswa yang telah diberikan.
3. Merubah benci menjadi cinta kepada program studi yang ditekuni.
4. Mampu memberikan kontribusi berupa pemanfaatan teknologi digital
kepada sekolah negeri maupun swasta serta yayasan untuk
pengembangan dan pemerataan teknologi dalam bidang pendidikan di
Balikpapan.
5. Senantiasa menyelesaikan permasalah pendidikan di Balikpapan yang
berkaitan dnegan teknologi Digital.
Risiko
1. Akan sulit menentukan skala prioritas antara akademik dan pengabdian
kepada masyarakat.
2. Menekuni bidang yang diminati secara lebih rinci dan mendalam.
3. Lelah yang tak terhindarkan.
4. Rutin mensurvey setiap permasalahan akademik suatu pendidikan
tingkat menegah atas di Balikpapan.
5. Kerusakan pada mata karena perlu selalu depan perangkat digital untuk
membantu perkembangan dan pemerataan serta pemanfaatan
teknologi digital di pendidikan kota Balikpapan.
Konsekuensi
kebanggaan kampus.
Risiko
1. Memahami dan memelajari serta menyelesaikan segala isu yang dirasa
mampus untuk diselesaikan dalam kerjasama tim yang ada dalam
kehidupan kampus.
2. Berusahan senantiasa meningkatkan kualitas dan kuantitas pribadi
dalam akademik.
3. Semakin harus mempelajari dan mendalami ilmu dakwah serta ilmu
agama.
Konsekuensi
1. Dapat meringankan beban orang tua karena telah memperoleh
beasiswa.
2. Mampu menjadi kepribadian yang memiliki jiwa pemimpin.
3. Menjadi kepribadian yang terlihat baik di seluruh pandangan
masyarakat.
4. Jika saya semakin sukses, maka akan banyak yang berusaha
menjatuhkan saya.
TAHUN KETIGA
Sasaran
1. Menjabat sebagai salah satu menteri di KM ITK.
2. Dapat melanjutkan seluruh program beasiswa yang telah diberikan.
3. Merubah benci menjadi cinta kepada program studi yang ditekuni.
4. Mampu memberikan kontribusi berupa pemanfaatan teknologi digital
kepada sekolah negeri maupun swasta serta yayasan untuk
pengembangan dan pemerataan teknologi dalam bidang pendidikan di
Balikpapan.
5. Senantiasa menyelesaikan permasalah pendidikan di Balikpapan yang
berkaitan dnegan teknologi Digital.
Risiko
1. Akan sulit menentukan skala prioritas antara akademik dan pengabdian
kepada masyarakat.
2. Menekuni bidang yang diminati secara lebih rinci dan mendalam.
3. Lelah yang tak terhindarkan.
4. Rutin mensurvey setiap permasalahan akademik suatu pendidikan
tingkat menegah atas di Balikpapan.
5. Kerusakan pada mata karena perlu selalu depan perangkat digital untuk
membantu perkembangan dan pemerataan serta pemanfaatan
teknologi digital di pendidikan kota Balikpapan.
Konsekuensi
1. Dikenal di lingkungan pendidikan menengah atas di Balikpapan.
2. Timbul rasa bangga sendiri atas kontribusi terhadap Pendidikan di
Balikpapan.
3. Indeks Prestasi semester tahun ke 3 akan mengalami penurunan.
TAHUN KEEMPAT
Sasaran
1. Memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas, terutama dalam bidang
Pendidikan Menengah Atas.
2. Mengangkat fenomena teknologi pendidikan untuk bahan skripsi.
3. Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih
tinggi (S2) di Luar Negeri.
4. Lulus dalam waktu 4 Tahun.
5. Memperoleh indeks prestasi komulatif sebesai 3.94.
6. Terus berkontibusi dalam dunia pendidikan.
Risiko
1. Semakin perlu lebih banyak survey terhadap dunia pendidikan, baik
pada siswa,tenaga pengajar, tenaga tata usaha, tenaga pendidik, dan
dinas pendidikan.
2. Lelah yang akan semakin menggebu-gebu.
3. Menjaga hubungan dan jaringan sosial terhadap orang-orang
pendidikan.
Konsekuensi
1. Lulus dengan penuh rasa bangga dan senang.
2. Bangga terhadap segala karya yang telah diberikan untuk
pengembangan dunia pendidikan.
3. Telah memiliki bisnis sendiri untuk dunia pendidikan.
4. Menemukan arah hidup yang lebih jelas dan lebih baik lagi.
2. Timbul rasa bangga sendiri atas kontribusi terhadap Pendidikan di
Balikpapan.
3. Indeks Prestasi semester tahun ke 3 akan mengalami penurunan.
TAHUN KEEMPAT
Sasaran
1. Memiliki jaringan pertemanan yang cukup luas, terutama dalam bidang
Pendidikan Menengah Atas.
2. Mengangkat fenomena teknologi pendidikan untuk bahan skripsi.
3. Mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih
tinggi (S2) di Luar Negeri.
4. Lulus dalam waktu 4 Tahun.
5. Memperoleh indeks prestasi komulatif sebesai 3.94.
6. Terus berkontibusi dalam dunia pendidikan.
Risiko
1. Semakin perlu lebih banyak survey terhadap dunia pendidikan, baik
pada siswa,tenaga pengajar, tenaga tata usaha, tenaga pendidik, dan
dinas pendidikan.
2. Lelah yang akan semakin menggebu-gebu.
3. Menjaga hubungan dan jaringan sosial terhadap orang-orang
pendidikan.
Konsekuensi
1. Lulus dengan penuh rasa bangga dan senang.
2. Bangga terhadap segala karya yang telah diberikan untuk
pengembangan dunia pendidikan.
3. Telah memiliki bisnis sendiri untuk dunia pendidikan.
4. Menemukan arah hidup yang lebih jelas dan lebih baik lagi.
Komentar
Posting Komentar